Fungsi Absorber, Diffuser dan Bass Traps

Fungsi, Kegunaan dan Tujuan Produk

Sesuai standarisasi accoustic furniture, yaitu :

Peredam Suara / absorber, anti noise / anti bising / peredam suara / soundproofing yang biasa dipergunakan di pabrik, hall, home theatre, karaoke rooms, studio recording, studio live, studio radio, audiophile rooms. Material peredam untuk masing-masing jenis ruangan berbeda ketebalan dan bahan dasarnya. Bahan peredam untuk pabrik dan ruang studio menggunakan bahan dasar yang berbeda meski konsep kebutuhan sama yaitu meredam suara. Tehnik peredaman bisa menggunakan standar peredaman s.d tehnik decoupling.

Bass Trap : sub produk / pengembangan / inovasi dari jenis peredam suara adalah bass trap, ditempatkan disudut ruangan untuk mengendalikan dengung suara bass (low freq) yang berlebihan, juga berfungsi sebagai anti standing wave. Peredam suara biasa efektif untuk meredam suara middle & high frequensi, kurang efektif di low frequensi.

Diffuser Suara / penyebar detail frequensi suara. Untuk beberapa ruang yang sudah menggunakan peredam suara / sudah berhasil diredam suaranya – setelah kebisingan berhasil diredam - otomatis suara didalam ruangan tidak akan lagi “natural”. Efek “sunyi” seperti saat berada di dalam toko kain akan muncul. Pada ruangan audiophile beberapa frequensi akan terpangkas habis yang akhirnya menimbulkan efek “ear fatique”. Pada ruangan karaoke selain efek ear fatique – user – pengguna – yang menyanyi didalam ruangan juga kurang “nyaman” dikarenakan suara yang dikeluarkan dari speaker terpangkas frequensinya. Dibutuhkan diffuser di beberapa titik yang tepat sebagai “equalizer “ di dalam ruangan tersebut agar suara terpantul dengan baik dan natural dengan tujuan lebih adalah frequensi yang dipantulkan benar-benar frequensi yang sudah terspatial dengan baik (terbagi sesuai masing masing frequensi / detil suara). Diffuser terbagi menjadi 3 jenis, yaitu low freq diffuser (suara bass), mid freq diffuser (suara vocal) dan high freq diffuser (simbal dll).

Acuan standar ukuran spesifikasi diffuser produksi kami adalah diffuser yang dipergunakan di Studio BBC – London (studio broadcast). 

Kesimpulannya :
  1. Untuk penyebaran frequensi suara agar suara di dalam ruangan lebih “luas”. 
  2. Peredaman freq suara agar frequensi suara yang berada didalam ruangan tidak saling berpantul yang akan mengakibatkan efek ear fatique (telinga lelah). 
  3. Meredam frequensi suara agar tidak “keluar” dari ruangan. 
  4. Menyelaraskan / menyeimbangkan frekuensi suara di dalam ruangan agar freq low – middle – high menjadi seimbang (flat tonal balance). 
  5. Penempatan diffuser yang tepat (selain perangkat keras amplifier- speaker), akan memunculkan efek staging dan detail artikulasi per frequensi.
Acuan standar ukuran spesifikasi diffuser produksi kami adalah diffuser yang dipergunakan di Studio BBC – London (studio broadcast). Diffuser cocok dipergunakan di audiophiles room, auditorium / hall, home theatre, studio rekaman dan karaoke rooms.

BASE MATERIAL, CONTRUCTION & FURNITURE EQUIPMENT
Bahan yang kami pergunakan pada produksi kami adalah jenis panel wood dengan nama dagang : multipleks dari bahan kayu meranti (branded) dan MDF (branded) dengan berbagai ketebalan sesuai kebutuhan. Panel board sudah dilengkapi resin anti rayap dari pabrikan produsen. Instalasi menggunakan standar baut + fisher untuk dinding semen.

FINISHING SYSTEMS
Finishing airspray system menggunakan bahan resin nitrocellulose atau resin polyurethane.

PEKERJA & PERALATAN / TOOLS
Didukung oleh pekerja / workers dengan pengalaman pekerjaan minimal 4 tahun dibidang interior. Peralatan pertukangan semi automatic branded.

LOKASI PRODUKSI
Lokasi produksi berada di kota Semarang, dengan area +/- 650 mtr2 ,gedung full tembok tertutup untuk menjamin kualitas hasil produksi.

Semua produk diatas kami produksi dengan bahan dasar MDF (multi density fibreboard) atau multipleks ditutup dengan teakwood kayu jati / mahogany teak atau sesuai selera. Untuk finishing pilihannya model laminate kelas decosheet atau airpray dengan resin nitrocellulose ataupun polyurethane systems.
Untuk memproduksi produk-produk diatas (terutama yang berkaitan dengan suara) kami memakai acuan-acuan, standarisasi ukuran dan persyaratan-persyaratan hukum akustik yang berlaku di forum internasional. Suatu kebanggaan bagi kami apabila kami mendapat kehormatan untuk memproduksi karya yang nantinya akan dipergunakan di ruang audio customer kami.

Untuk keterangan lebih lanjut anda dapat menghubungi kami di nomor
Simpati    081390 840 100
XL         0819 14610 100 (WhatsApp)
3Three      0 897 9297 100
Blackberry 296E0E70
Blackberry 51228857
Ph / Fax    024 6701677
Contact    Rizad Ghofar

Office     : Jl. Soekarno Hatta No. 1, Tlogosari Semarang 50196
Workshop   : Jl. MT. Haryono – Kp. Wotprau No. 21 Semarang 50123
Email      : kembangdjati@gmail.com
Website    : http://www.kembangdjati.com

http://karaoke-rooms.blogspot.com



Title : Fungsi Absorber, Diffuser dan Bass Traps
Description : Fungsi, Kegunaan dan Tujuan Produk Sesuai standarisasi accoustic furniture , yaitu : Peredam Suara / absorber , anti noise / anti...

0 Response to "Fungsi Absorber, Diffuser dan Bass Traps"

Posting Komentar